TNI, Polri dan Masyarakat Bersinergi Membangun Provinsi Riau

by

WARTALIKA.com – TNI, Polri bersama maayarakat bersinergi membangun semenisasi jalan senpang 1670 meter x 3 meter di jalan Prawira Batu 5 Tanjung Batu Barat sampai ke Desa Lubuk Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sepanjang Kamis (5/4/2018).

Semenisasi jalan ini merupakan dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0137/TBK yang sudah dibuka oleh Gunernur Kepri, Nurdin Basirun di lapangan stadion mini  Kecamatan Kundur, Rabu (4/4/2018).

Turut hadir dalam upcara pembukaan diantaranya Danrem 033/WP, Brigjen TNI Gabriel Lema, Aspot Mar Lantamal IV Tanjung Pinang, Kolonel laut (P) Arif M, Kasiter Korem 033/WP, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, Kasiren Korem 033/WP, Kolonel Inf Dwi, Dandenpom I/6 Batam, Letkol Cpm Sucipto, Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Sekda Karimun HM Firmansyah, Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Toto irianto, Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, Wadanyon Yonif RK 136/Tuah Sakti, Mayor Inf Heraldo. T.

Seperti disampaikan Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie  selaku Dansatgas TMMD ke 101 Tahun 2018,  sasaran dalam TMMD tahun ini adalah pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk fisik lanjutnya, selaian semenisasi jalan tersebut juga ada pembangunan satu jembatan dan satu unit Dwiker di Kelurahan Kundur Barat di Kelurahan Kundur Barat, Kecamatan Kundur.

Sedangkan sasaran non fisik wisata bela negara Matematika, penyuluhan bahaya radikalisme atau terorisme, penyuluhan hukum, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan balatkom, penyuluhan wasbang.

“Kegiatan olah raga bersama, apresiasi seni dan budaya, sosialisasi perekrutan Prajurit TNI AD, TNI Manunggal KB Kes, penyuluhan Kesehatan serta pembinaan dan penilaian sekolah Adiwiyata,”jelas Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie.

Sementara itu Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, program TMMD Selama pelaksanaannya telah banyak membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya di wilayah Desa atau Kelurahan. Dampak yang dirasakan ialah, pada peningkatan akselerasi pembangunan daerah. TMMD secara konsisten fokus pada pembangunan, bukan hanya pembangunan fisik semata, melainkan juga non fisik. 

“Pembangunan fisik memang diarahkan pada infrastuktur untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial dalam rangka mendukung aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Sementara secara non fisik kita ketahui bahwa TNI berupaya menumbuh kembangkan semangat patriotisme, nasionalisme, serta bela negara. Nilai-nilai ini terus menerus dan wajib kita pertahankan dalam kerangka NKRI,”ujarnya. 

Nurdin berharap, pelaksanaan TMMD ke 101 ini dapat berjalan dengan baik dan didukung oleh Pemkab Karimun, stake holder, serta masyarakat untuk mensukseskan program ini. 

“Melalui TMMD dapat membantu kesulitan rakyat, membantu percepatan akselerasi program pembangunan di daerah, membantu menciptakan masyarakat yang memiliki ketahanan dan mewujudkan kemanunggalan rakyat,”tuturnya.

Di upacara pembukaan dengan mengusung tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”, juga dilakukan penandatanganan serah terima berita acara pelaksanaan kegiatan TMMD ke 101 tahun 2018 oleh Gubernur Kepri disaksikan Danrem 033/WP dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Reporter : sugeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *